PENINGKATAN KUALITAS CO-WORKING SPACE PADA PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI UNIVERSITAS SURABAYA Oleh : Nurhaliza*) dan Tania*)

Download Artikel

Pendahuluan

Perpustakaan berkaitan erat dengan pengunjung, salah satu simbol utama didirikannya sebuah perpustakaan ialah guna dapat menjangkau banyak pemustaka untuk dapat memanfaatkan arti dari adanya perpustakaan itu sendiri. Sehingga perpustakaan harus berinovasi untuk mencapai target kepuasan dari pemustaka, Di era zaman modern serba digital seperti ini pemustaka lebih kritis dan aktif terkait pemanfaatan berbagai fasilitas yang dimiliki oleh perpustakaan, itu sebabnya perpustakaan harus dapat mengimbangi atau mewadahi pemustaka untuk mendapatkan kepuasan yang diinginkan oleh pemustaka. Dalam hal ini tidak hanya menuntut perpustakaan perguruan tinggi saja yang harus berinovasi. Namun, perpustakaan umum, sekolah, khusus juga harus melakukan perubahan agar dapat menarik perhatian pemustaka supaya terus menerus berkunjung untuk memanfaatkan berbagai fasilitas yang dimiliki. Berbagai fasilitas yang dimiliki oleh perpustakaan perguruan tinggi dituntut lebih cekatan terkait desain. Continue reading “PENINGKATAN KUALITAS CO-WORKING SPACE PADA PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI UNIVERSITAS SURABAYA Oleh : Nurhaliza*) dan Tania*)”

152

LIBRARY COACHING SERIES (LCS) UBAYA LIBRARY Oleh : Eko Setiawan dan Bambang Septiawan

Artikel Download

Hai Sobat Ubayatizen..

Buletin perpustakaan UBAYA hadir lagi nih.. Kali ini kami mengangkat tema kegiatan Library Coaching Series (LCS). Apa sih LCS itu? Library Coasing Series (LCS) merupakan agenda rutin perpustakaan UBAYA kepada mahasiswa maupun dosen sekaligus sebagai salah satu bentuk kegiatan literasi informasi perpustakaan dalam mendukung pembelajaran dan penelitian yang berkualitas untuk seluruh sivitas akademik Universitas Surabaya. LCS merupakan salah satu program inovasi  perpustakaan UBAYA selama masa pandemi yang masih eksis hingga saat ini. Menurut Uliarta Simanjuntak (2021), Inovasi layanan perpustakaan merupakan sebuah gebrakan ide dan gagasan yang ditujukan untuk seluruh pemutaka tanpa memandang status sosial, suku, agama, ras dan usia.  Penyedia layanan informasi seperti perpustakaan diharapkan dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan perilaku pengguna terutama kaum millennial atau anak muda agar keberadaan perpustakaan tidak tertinggal. Sebagai learning organization, perpustakaan harus terbuka dan responsif terhadap perkembangan lingkungan, pengetahuan, teknologi dan kemajuan zaman. Continue reading “LIBRARY COACHING SERIES (LCS) UBAYA LIBRARY Oleh : Eko Setiawan dan Bambang Septiawan”

131

EFEKTIVITAS PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL TWITTER PADA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SURABAYA Oleh : Syahrima dan Salsabilla

Artikel Download

Latar Belakang

Di masa pandemi ini perpustakaan semakin banyak kehilangan pengunjungnya, setelah berdamai dengan pandemi perpustakaan harus mengembalikkan peminat nya untuk kembali menggunakan layanan perpustakaan, salah satu cara agar memperoleh pengunjung yang banyak lagi dengan cara Promosi, Promosi sudah dikenal dari zaman dahulu untuk memperkenalkan dan untuk mencapai target Audience atau konsumen tertentu yang diinginkan. Dahulu untuk mempromosikan sesuatu diharuskan untuk tatap muka secara langsung, dan dari tangan ke tangan, mulut ke mulut semuanya dilakukan secara tradisional untuk melakukan sebuah promosi, promosi yang dieksekusi harus menarik dan dapat mengikuti perkembangan zaman dengan teknik persuasif dan tidak ada kesan paksaan. Namun pada saat ini dengan adanya Teknologi yang semakin canggih kita dimudahkan untuk mempromosikan sesuatu dengan berbagai media, salah satunya adalah media sosial. Media sosial yang kita kenal sekarang ini sangat banyak dan beragam. Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia adalah Twitter. Twitter merupakan Sosial Media yang mayoritas penggunanya menjadikan kata-kata sebagai karya sebuah tweet yang nantinya bisa dilihat semua orang. Fungsi Twitter tidak berhenti sampai situ saja, orang-orang dapat mengupload sebuah gambar ataupun video yang dapat diberikan deskripsi melalui keterangan di tweet nya. Semakin jauh perkembangan Twitter dapat memviralkan sesuatu yang sedang Trending, saat ini siapapun dan dimanapun dapat membuat sesuatu trending dengan dukungan beberapa orang yang mendukung dengan membuat hashtag bersama. Continue reading “EFEKTIVITAS PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL TWITTER PADA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SURABAYA Oleh : Syahrima dan Salsabilla”

200

UPAYA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SURABAYA DALAM MENCEGAH PERILAKU PLAGIARISME SIVITAS AKADEMIKA Oleh : Kristina

Artikel Download

Latar Belakang

 Plagiarism is basic to all culture” by Pete Seeger. Merujuk pada quote tersebut plagiarisme sudah menjadi budaya, sudah terjadi bertahun-tahun yang lalu bahkan terjadi sebelum berkembangnya teknologi informasi seperti saat ini. Perilaku plagiarisme sudah tidak asing di lingkungan akademik. Beberapa penelitian menyatakan mayoritas mahasiswa pernah melakukan plagiarisme. Sengaja atau tidak, perilaku plagiarisme sudah kian meresahkan dunia akademik. Siapapun bisa melakukannya dengan alasan utama mempercepat waktu dan untuk memperoleh hasil yang baik. Salah satu fungsi perpustakaan adalah fungsi edukasi dan fungsi informasi. Melalui fungsi tersebut, perpustakaan dapat berperan dalam memberikan edukasi kepada sivitas akademika dalam berbagai bentuk kegiatan seperti literasi informasi, seminar hingga workshop. Sedangkan perpustakaan berfungsi sebagai lembaga informasi dapat memberikan panduan informatif terkait plagiarisme kepada civitas akademika dengan memanfaatkan media website dan media sosial. Continue reading “UPAYA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SURABAYA DALAM MENCEGAH PERILAKU PLAGIARISME SIVITAS AKADEMIKA Oleh : Kristina”

268

PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SURABAYA DI MASA PANDEMI – Editorial

Download Artikel

Perpustakaan merupakan salah satu organisasi yang terdapak selama pandemi Covid 19, namun demikian perpustakaan harus tetap eksis dan bermanfaat bagi pemustakanya. Berbagai inovasi dan modifikasi layanan, koleksi dan fasilitas telah disesuaikan oleh perpustakaan Ubaya dalam mendukung study from home.  ‘Wajah baru’ perpustakaan Universitas Surabaya (Ubaya) telah memberikan dampak yang signifikan terhadap jumlah pemanfaatan pemustaka  melalui kunjungan perpustakaan. Tidak hanya warga Ubaya yang dibuat kagum dengan ‘wajah baru’ perpustakaan, melainkan juga masyarakat luas. Perpustakaan Ubaya kini sering penuh oleh aktivitas mahasiswa dan dosen, mereka menemukan kenyamanan ketika belajar dan beraktivitas lain di perpustakaan. Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan oleh Lasi, et.al. (2019) menyatakan bahwa pemustaka merasa senang dengan redesain ruang perpustakaan saat ini sehingga meningkatkan antusiasme untuk berkunjung, belajar serta mencari informasi di perpustakaan. Continue reading “PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SURABAYA DI MASA PANDEMI – Editorial”

443