Layanan

LAYANAN

Sirkulasi

Jasa layanan sirkulasi terdiri dari jasa peminjaman, perpanjangan dan pengembalian bahan pustaka (buku), serta pemesanan buku yang sedang dalam peminjaman.

Jasa layanan ini telah menggunakan sarana komputer, dan masing-masing koleksi buku telah dilengkapi dengan barcode sehingga memudahkan identifikasi , kecepatan dan ketepatan pada proses transaksi di sirkulasi. Pemanfaatan teknologi komputer juga diterapkan untuk penyebarluasan informasi buku, sehingga data buku paling baru dapat secara langsung diakses terminal komputer yang telah tersedia di perpustakaan melalui OPAC.

Ketentuan Layanan Sirkulasi:

  • Mahasiswa S1/D3 : 4 (empat) eksemplar buku untuk jangka peminjaman 1 (satu) minggu, dan dapat diperpanjang 4 (empat) kali dengan syarat buku tersebut tidak sedang dalam daftar pesanan.
  • Mahasiswa S1 yang sedang menyusun tugas akhir atau mahasiswa D3 yang sedang menyusun LKP : 4 (tiga) eksemplar buku untuk jangka waktu  2 (dua)  minggu dan diperpanjang 4 (empat) kali dengan syarat buku tersebut tidak sedang dalam daftar pesanan.
  • Mahasiswa S2 : 5 (lima) eksemplar buku untuk jangka waktu  2 (dua)  minggu dan diperpanjang 4 (empat) kali dengan syarat buku tersebut tidak sedang dalam daftar pesanan.

Buku yang dapat dipinjam hanya yang berlabel hitam , sedangkan buku berlabel merah tidak dapat dipinjam, dan hanya boleh dibaca serta difotokopi di perpustakaan. Pengecualian peminjaman buku berlabel merah ini, bila ada izin dari pimpinan perpustakaan.

WAKTU LAYANAN :

Senin s.d. Jum’at pkl. 08.15 – 19.00

Sabtu pkl. 08.15 – 11.30

Referensi

Layanan referensi memberikan jasa layanan berupa penunjukkan, penemuan kembali serta penelusuran informasi baik yang berada di perpustakaan maupun di luar perpustakaan

Layanan Referensi yang terdapat di perpustakaan Universitas Surabaya meliputi :

Jasa Informasi Dan Bimbingan Pemakai Jasa informasi ini memberikan layanan secara terperinci mengenai seluruh informasi yang dimiliki perpustakaan Bimbingan pemakai memberikan layanan berupa bimbingan kepada pemakai dalam memanfaatkan pemakaian koleksi yang ada di perpustakaan termasuk didalamnya teknik penemuan kembali informasi dengan menggunakan sarana komputer.

Jasa Penelusuran Informasi Layanan informasi ini memberikan bantuan kepada pemakai dalam menemukan informasi berasal dari buku ataupun majalah/jurnal. Sumber informasi dapat berasal dari koleksi yang ada di lingkungan perpustakaan dan juga lembaga informasi di luar Universitas Surabaya. Jasa penelusuran ini juga mencakup penelusuran dari perkembangan informasi yang dikemas dalam bentuk CD melalui CD-ROM, dan juga melaksanakan penelusuran jarak jauh dengan menggunakan jasa Internet. Untuk memaksimalkan pemanfaatan penelusuran informasi, Perpustakaan Universitas Surabaya memberikan layanan jasa penelusuran informasi. Jasa ini dimaksud untuk membantu pemakai perpustakaan dalam menulusur informasi yang dimiliki perpustakaan, baik berupa sumber informasi non elektronis maupun elektronis. Penelusuran informasi dengan hanya memberikan topik, subyek dan kata kunci dari suatu informasi maupun sumber informasi tertentu. Pencetakan hasil penelusuran informasi baik yang telah dilakukan oleh pemakai sendiri maupun oleh pihak perpustakaan. Semua bahan untuk sumber informasi tersebut sesuai dengan kebutuhan dari pemakai.

Jasa Informasi Terbaru Memberikan layanan berkaitan perkembangan ilmu pengetahuan terbaru yang dimuat pada jurnal-jurnal ilmu pengetahuan yang telah dimiliki perpustakaan. Jasa ini juga memungkinkan seorang pemakai memperoleh terbitan daftar isi dari suatu jurnal yang dikehendaki secara rutin.

Audio Visual

Seluruh koleksi audio dan visual dapat sepenuhnya dimanfaatkan oleh pemakai perpustakaan. Selain software yang berisi materi informasi, di ruang audio visual juga menyediakan layanan akses internet dan mini home theater. Jenis layanan yang di berikan bagi pengguna antara lain: Layanan berupa pinjam software yang ada dan kemudian diakses dengan hardware yang telah disediakan, jasa ini dapat digunakan secara individu maupun dalam bentuk kelompok. Akses internet lebih diarahkan untuk penelusuran informasi ilmiah serta koleksi e-journal dan e-book yang dilanggan oleh perpustakaan. Mahasiswa juga dapat memanfaatkan mini home theater untuk memutar film secara berkelompok untuk materi pembelajaran.

Silang Layan

Perpustakaan Universitas Surabaya melakukan kerjasama dengan perpustakaan / lembaga informasi lainnya sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan informasi pemakai. PDII-LIPI terutama untuk koleksi koleksi yang terdapat di PDII-LIPI berupa jurnal dan terbitan ilmiah lainnya. Silang layan antar perguruan tinggi biasanya dilakukan oleh pemakai / mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir atau skripsi. Sarana silang layan ini juga dilakukan atas rujukan petugas bagian informasi apabila informasi yang diinginkan pemakai tidak terdapat di perpustakaan Universitas Surabaya. Pemakai dari Universitas Surabaya yang akan memanfaatkan jasa silang layan dapat meminta surat pengantar ke bagian administrasi sesuai dengan tujuan perpustakaan / lembaga yang bersangkutan. Demikian halnya untuk pemakai dari luar Universitas Surabaya juga diwajibkan membawa surat pengantar apabila hendak memanfaatkan jasa silang layan tersebut.

TEL 031-2981344 Jam Layanan : 08.15 - 19.00

PAGETOP
Copyright © Perpustakaan Universitas Surabaya All Rights Reserved.
Powered by WordPress & BizVektor Theme by Vektor,Inc. technology.