Frequently Asked Questions

1.    Jam berapa layanan Perpustakaan UBAYA ?
Senin s/d Jumat 08.15-19.00 WIB

2.    Bagaimana caranya saya dapat memanfaatkan layanan dan koleksi perpustakaan ?
Anda harus memiliki KTM digital UBAYA yang telah tersedia di my.ubaya.ac.id –> Akun –> Kartu Digital. Untuk Masuk dan keluar perpustakaan setiap pengunjung wajib scan QRCode KTM Digital pada terminal yang tersedia di pintu masuk Lt. 2

1.    Bagaimana cara akses koleksi buku ?
a.    Anda dapat menemukan berbagai judul buku/jurnal dan koleksi lainnya dengan melakukan penelusuran melalui katalog online perpustakaan https://digilib.ubaya.ac.id/
b.    Jika telah menemukan informasi buku yang diperlukan, Anda dapat melakukan pencarian ke tempat koleksi tersebut sesuai dengan nomor kode koleksi.
c.    Jika koleksi tidak tersedia di perpustakaan, Anda dapat menghubungi petugas.

2.    Bagaimana cara mengakses E-Journal Dan E-Book (E-Resources) dilanggan Perpustakaan UBAYA?
Akses melalui website perpustakaan UBAYA https://elib.Ubaya.ac.id/
Akses melalui dua cara :
a.    Akses dari dalam kampus (on Campus)
b.    Akses dari luar kampus.
Pemustaka wajib login menggunakan:
Username    :  sNRP dan Password     : my.Ubaya.ac.id

3.    Bagaimana cara mengakses E-Newspaper dilanggan Perpustakaan UBAYA?
Akses tersedia di komputer lt.2 ruang baca perpustakaan

4.    Bagaimana cara mendapatkan akses e-resources berupa tugas akhir, skripsi, thesis, disertasi ?
Akses e-resources melalui katalog online perpustakaan UBAYA https://digilib.ubaya.ac.id/
Karya ilmiah khusus baca online (tidak dapat didownload)

5.    Bagaimana mendapatkan artikel atau sumber daya (e-resources) yang tidak dimiliki atau dilanggan oleh Perpustakaan UBAYA ?
Pustakawan UBAYA akan membantu mendapatkan artikel yang dibutuhkan dengan memanfaatkan jejaring yang dimiliki. Silahkan mengajukan permohonan Layanan Penelusuran Informasi (artikel, dll) melalui pembuatan tiket/laporan pada fitur https://my.ubaya.ac.id.

Bagaimana caranya saya dapat memanfaatkan Layanan Akses Turnitin ?
Permohonan akses turnitin melalui pembuatan tiket/laporan pada fitur https://my.ubaya.ac.id.
Respon pustakawan berupa pemberian Class ID, Enrollment password, Class name dan Link tutorial

Bagaimana caranya saya dapat memanfaatkan Layanan Akses Canva Pro ?
Permohonan akses Canva Pro melalui pembuatan tiket/laporan pada fitur https://my.ubaya.ac.id.
Respon pustakawan berupa pemberian username dan password

1.    Bagaimana cara akses repository UBAYA ?
a.    Akses repository UBAYA melalui website http://repository.ubaya.ac.id/
       Pemustaka wajib login menggunakan:
       Username    :  sNRP dan
       Password     : my.ubaya.ac.id
b.    Gunakan menu penelusuran (Browse) berdasarkan tahun, subyek, devisi, pengarang maupun tipe dokumen

2.    Koleksi apa saja yang tersedia di Repository UBAYA ?
       Saat ini, Repository Universitas Surabaya menyediakan berbagai koleksi sbb:
       •    Article
       •    Book Section
       •    Monograph
       •    Conference of Worshop Item
       •    Book
       •    Thesis
       •    Undergraduate thesis
       •    Patent
       •    Copyright
       •    Industrial Design
       •    Show/Exhibition
       •    Video
       •    Audio
       •    Dataset
       •    Experiment
       •    Teaching Resource
       •    University Research
       •    Popular article
       •    Other

3.    Bagaimana cara akses file yang terproteksi di Repository UBAYA ?
       Bagi sivitas akademika UBAYA silahkan mengajukan permohonan Layanan Tugas Akhir, Unggah Mandiri & Repository melalui pembuatan tiket/laporan pada      fitur https://my.ubaya.ac.id., Bagi Pemustaka eksternal UBAYA silakan mengajukan Request Copy pada menu yang tersedia

Bagaimana caranya saya dapat memanfaatkan layanan peminjaman Ruang CLS, Cinema dan Komputer ?
1.    Peminjaman dilakukan melalui system booking online pada katalog online perpustakaan UBAYA https://digilib.ubaya.ac.id/
2.    Pemustaka wajib login menggunakan:
       Username    :  sNRP dan
       Password     : my.ubaya.ac.id
3.    Pilih Fasilitas –> Ruang atau Komputer –> Tambah Peminjaman Ruang atau Pilih Komputer
4.    Lengkapi formulir yang tersedia dan simpan

1.    Koleksi apa saja yang dapat dipinjam ?
       Koleksi yang dapat dipinjam di perpustakaan UBAYA adalah Buku
       Semua koleksi buku berlabel HITAM dapat dipinjam sesuai dengan ketentuan pada no.2
       Khusus koleksi berlabel MERAH dapat dipinjam dibawa pulang selama 3 hari termasuk koleksi Insight Corner.
       Peminjaman koleksi label merah pd hari Jumat pukul 13.00 WIB kembali pd hari Senin 12.00 WIB. Peminjaman melalui petugas Sirkulasi di counter layanan lt.2

2.   Berapa banyak koleksi yang dapat dipinjam ?
       a.    Mahasiswa belum skripsi    =   7 eksemplar, selama 1 (satu) minggu
       b.    Mahasiswa skripsi              = 10 eksemplar, selama 2 (dua) minggu
       c.    Pascasarjana                     = 10 eksemplar, selama 2 (dua) minggu
       d.    Profesi                               = 10 eksemplar, selama 2 (dua) minggu
       e.    Dosen                                =   7 eksemplar, selama 1 (satu) semester
       f.     Staf                                    =  7 eksemplar, selama 2 (dua) minggu
       g.    Alumni                                =  3 eksemplar, selama 2 (dua) minggu
       Alumni wajib mengurus kartu anggota (free) dengan menunjukkan Kartu Alumni UBAYA
       Peminjaman buku dikenakan uang jaminan sebagai berikut:
           Rp100.000,- (seratus ribu rupiah) per 1 (satu) buku untuk buku berbahasa Indonesia
           Rp200.000,- (seratus ribu rupiah) per 1 (satu) buku untuk buku berbahasa Inggris
       Dikenakan sanksi keterlambatan sebesar Rp5.000,- (lima ribu rupiah) per buku per hari

3.   Berapa kali dapat dilakukan perpanjangan peminjaman koleksi ?
      Perpanjangan koleksi dapat dilakukan sebanyak empat kali (4x) jika buku tidak sedang dipesan (order) oleh pemustaka lain.

4.    Apakah dapat dilakukan perpanjangan secara online ?
       Perpanjangan secara online melalui katalog perpustakaan https://digilib.ubaya.ac.id/
       Pemustaka wajib login menggunakan:
       Username    :  sNRP dan
       Password     : my.ubaya.ac.id
       Langkah selanjutnya silakan pilih menu Laporan peminjaman –> klick tanda +, tanggal pengembalian akan bertambah sesuai ketentuan masa peminjaman.

5.    Berapa besar denda keterlambatan pengembalian koleksi ?
       Denda keterlambatan berupa skorsing tidak dapat meminjam buku dalam kurun waktu tertentu.
       Denda keterlambatan khusus bagi peminjam berstatus ALUMNI UBAYA sebesar Rp5.000 rupiah/hari/eksemplar

1.    Apakah Unggah Mandiri itu ?
       Unggah Mandiri adalah proses penyerahan karya tulis mahasiswa yang dilakukan secara mandiri oleh pemustaka melalui :

2.    Apakah yang perlu dipersiapkan untuk Unggah Mandiri ?
       Naskah TA (skripsi, tesis, disertasi) berbentuk pdf teks dan tidak diprotect.
       Panduan Unggah Mandiri. https://elib.ubaya.ac.id/

3.    Mengapa pengajuan Unggah Mandiri kami ditolak ?
       Penolakan oleh petugas validasi jika naskah yang diunggah belum memenuhi ketentuan pada laman panduan unggah mandiri https://elib.ubaya.ac.id/
       Contoh:
       Naskah tidak lengkap atau di protect
       Judul tidak sesuai dengan judul pada Myubaya
       Materai tidak asli pada Lembar pernyataan keaslian, dll

4.    Bagaimana apabila halaman pengesahan belum lengkap dikarenakan dosen pembimbing, penguji atau pengelola sedang tidak berada 

       di tempat sementara waktu pendaftaran wisuda terbatas?

       Mohon maaf perpustakaan hanya menerima naskah yang sudah benar dan lengkap

5.    Bagaimana apabila saya masih dalam masa skorsing karena terlambat mengembalikan buku ?
       Proses unggah mandiri tetap dapat dilakukan hingga tuntas.

6.    Bagaimana apabila saya masih pinjaman buku ketika proses unggah mandiri dilakukan?
       Proses unggah mandiri tetap dapat dilakukan hingga tuntas

Bagaimana prosedur pengajuan Bebas Pustaka ?
Pengajuan bebas pustaka melalui my.ubaya.ac.id.
Silakan login -> Pilih fitur Perpustakaan-> Bebas Pustaka-> Bebas Pustaka Baru
Lengkapi form yang tersedia. Keterangan telah mengurus Bebas Pustaka dapat dilihat di fitur Transkrip Nilai

1.    Apakah mahasiswa luar UBAYA atau non-civitas academica UBAYA diijinkan menggunakan, mengakses fasilitas & koleksi Perpustakaan UBAYA ?
       a.    YA. Pengguna dari luar UBAYA dapat menggunakan dan memanfaatkan layanan dan koleksi yang tersedia di perpustakaan UBAYA.
       b.    Pengguna dari luar UBAYA WAJIB mendaftar di bagian administrasi perpustakaan (Lt.2) sebagai anggota “Peminat Pustaka” untuk memperoleh Kartu Ijin     Baca perpustakaan. Pendaftaran bagi mahasiswa perguruan tinggi lain dikenakan biaya administrasi sebesar Rp10.000,- dan Rp20.000,- bagi masyarakat umum.

Apakah sivitas akademika bebas menggunakan Wifi atau fasilitas Hotspot di Perpustakaan UBAYA ?

BEBAS. Sivitas akademika UBAYA dapat memanfaatkan wifi/ hotspot di perpustakaan dengan menggunakan akun my.Ubaya.ac.id. Username:  sNRP dan Password : my.Ubaya.ac.id 

Apakah properti perpustakaan (meja, kursi, sofa) dapat dipergunakan untuk kegiatan mahasiswa ?

DAPAT. Peminjaman meja, kursi dan ruangan di perpustakaan melalui pembuatan tiket/ laporan pada fitur https://my.ubaya.ac.id

Apakah Ruang perpustakaan dapat dipergunakan untuk kegiatan sivitas akademika UBAYA di luar jam layanan perpustakaan UBAYA ?

DAPAT. Ruangan di perpustakaan UBAYA dapat dipergunakan untuk kegiatan mahasiswa UBAYA dengan mengajukan permohonan melalui Biro Layanan Administrasi Umum.

Apabila saya membutuhkan informasi lebih lanjut, di manakah kami dapat menghubungi staf perpustakaan?
Perpustakaan Universitas Surabaya
Jl. Raya Kalirungkut, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
    Phone                : +62-031-2981340
    Fax                     : +62-031-2981341
    WA official UBAYA, pilih menu D    : 0812-5001-005
    Email                 :  pustaka@unit.Ubaya.ac.id
    Layanan Informasi lt.2 Gedung Perpustakaan  +62-031-2981348


NB: Jika ada yang kurang jelas silahkan kirim email ke pustaka@unit.ubaya.ac.id